Minggu, 05 Mei 2013

PENYEBAB GIGI NGILU


Penyebab gigi ngilu:
a.       Iritan mikroba
Mikroorganisme yang terdapat dalam karies merupakan sumber utama iritasi terhadap jaringan pulpa dan periadikuler. Email dan dentin yang karies mengandung berbagai spesies bakteri misalnya streptococcus mutans.
Pada lapisan paling dalam dari dentin yang karies,populasi mikroorganismenya menurun sampai tinggal sedikit atau tidak ada sama sekali. Walaupun demikian, pemajanan langsung terhadap mikroorganisme bukan merupakan prasyarat bagi respons dan inflamasi pulpa. Mikroorganisme di dalam jaringan karies akan memproduksi toksin yang akan berpenetrasi ke dalam pulpa melalui tubulis dentinalis.
b.      Iritan mekanik
Selain iritan oleh bakteri, jaringan pulpa atau jaringan periradikuler dapat pula teriritasi secara mekanikm Preparasi kavitas yang dalam,pembuangan struktur gigi tanpa pendinginan yang memadai, dampak trauma, dan trauma oklusal, kuretase periodontium yang dala, dan gerakan ortodonsia, merupakan iritan suhu dan fisik yang paling berperan terhadap jaringan pulpa. Jika tindakan kewaspadaan diabaikan, preparasi kavitas atau preparasi mahkota akan merusak odontoblas. Makin dekat ke pulpa, jumlah tubulus per unit permukaan serta diameternya akan makin meningkat. Akibatnya, permeabilitas dentin akan lebih besar daripada di daerah yang dekat dengan pertautan email pertautan email-dentin dan sementum-dentin.
c.       Iritan kimia pulpa mencakup berbagai zat yg di gunakan untuk desentisasi, strilisasi, pembersih dentin, dan zat yang terdapat pada material tambalan sementara dan permanen serta pelapik kavitas. Zat anti bakteri seperti perak nitrat dan eugenol di pakai dlam upya untuk mensterilkan dentin setelah preparasi kavitas. Akan tetapi, keefektifannya sebagai pensteril dentin diragukan dan sitotoksisitasnya dapat menyebabkan perubahan inflamasi pada jaringan pulpa yang terletak di bawahnya. Zat iritan lainnya adalah pembersih kavitas seperti alcohol, hydrogen peroksida dan bermacam macam asam.

Tidak ada komentar: